Baju Lebaran

Lebaran sebentar lagi (baca dengan irama lagu yang tiap Ramadhan selalu diputar). Biasanya saya sudah kasak-kusuk di hari-hari seperti ini, tapi kali ini tidak. Selain karena sekarang bekerja dengan hari kerja dari Senin-Sabtu, yang membuat saya yang mudah capek ini semakin lunglai (halah), saya akhir-akhir ini merasa tidak ingin terlalu “heboh” dalam menyambut lebaran. Bukan dalam artian saya tidak suka lebaran, hanya saja kali ini ingin berbeda. Saya tidak ingin pula terlihat sok karena kalimat “ingin lebih mewarnai hari lebaran”. Saya cuma ingin tidak terlalu ngoyo dengan urusan lebaran yang terasa mainstream (yes, i use that word). Semua yang serba baru (baju,sepatu, tas, mukena, perhiasan, you name it). Kedengaran munafik? Mungkin, karena kita-kita dibesarkan dengan tradisi seperti itu. Dan saya ingin memutus rantai tradisi itu, yang menurut saya for a better reason.

Siang ini , seorang teman bertanya, apakah saya berani menjadi seseorang yang berbeda? Tidak mengikuti apa yang sudah menjadi tradisi, kebiasaaan? I can’t answer her right away. Jujur, saya takut berbeda, takut terlihat tidak sama. Tapi disisi lain, saya juga tidak ingin selalu sama. Saya ingin berbeda, agar terlihat diantara hal yang seragam. Yah, namanya juga manusia ya, manusia labil kalau saya.

Lalu, apakah saya beli baju lebaran? Iya, tetap. Karena suami sudah belikan, dan tidak mungkin saya kembalikan. Saya senang? Tentu saja. Karena tandanya suami saya perhatian dan sayang pada istrinya yanag suka capek ini. Yang suka malas manasin lauk sahur, jadi sebelum tidur dimasukin aja ke magic jar. Namun saya pikir, saya sudah mulai berusaha merubah tradisi ini sedikit, karena saya tidak lagi ngotot untuk tawaf dalam mal atau toko mencari barang diskon. Dan saya tidak pula kalap membeli kue-kue karena “keliatan” enak. Setidaknya saya sudah berusaha, dan setiap usaha, seberapapun kecilnya mudah-mudahan membawa hasil yang baik.

 

Leave a Reply

